KEPEMIMPIN VISIONER

OLeh : Arius Kambu[i]

Berbicara soal perubahan ? Dari Sudut Pandang kepemimpinan seseorang saat menghadapi berbagai persoalan seorang pemimpin tidak segan-segan menolak nasehat yang Ia anggap takkan menolong dan selalu tegas dalam mengawal visi kepemimpinan yang selalu  tegas,  disiplin, sangat terfokus, dan seorang yang andal dalam mendelegasikan”. Seorang pemimpin visioner adalah benar-benar sosok seorang pemimpin potrean. Pada konsep protean career, keberhasilan karir seseorang bukan ditentukan oleh organisasi tetapi oleh dorongan dari dalam individu itu sendiri. Sesuai dengan namanya yaitu Protean, merupakan dewa bangsa Yunani yang mampu merubah cepat apa yang diinginkan. Jadi pada konsep ini seorang pemimpin mengejar konsepsi personal atas apa yang dianggap penting dalam pekerjaan dan hidupnya . Profil keberhasilan kepemimpinan Ia probabilitas bisa dapat diukur dengan  1). Dari Know-how ke Learn-how, 2). Dari Job security ke Employability, 3).Dari Organizationasl careers ke Protean career, 4). Dari Work self ke Whole self.

Pembaca yang budiman dalam mewujud nyatakan rahasia kepemimpinan Berth Kambuaya, meminjam pandangan analis kepemimpinan dalam organisasi Anakwe dkk menjelaskan bahwa merealisasi potensi dalam konsep protean career maka seseorang harus mengembangkan kompetensi baru yang berhubungan dengan self management dan career management. Konsekuensinya adalah seseorang harus belajar terus menerus bagaimana mengembangkan self-knowledge dan kemampuan beradaptasi. Dalam  protean career membutuhkan akuisisi dan utilisasi akan kemampuan mengidentifikasi sejumlah skill yang dapat meningkatkan individu mengidentifikasi perubahan dan kemampuan beradaptasi dalam berbagai lingkungan. Hal ini akan mendorong individu bukan organisasi dan akan dibuat kembali dari waktu ke waktu sebagai perubahan person dan perubahan lingkungan. Kemampuan untuk mengembangkan self-knowledge (mengidentifikasi) dan kemampuan beradaptasi disebut dengan Metaskill. Lebih lanjut Hall mendefinisikan metaskill sebagai seperangkat kemampuan yang dibutuhkan untuk mempersiapkan seseoran untuk belajar how to learn . Ketrampilan ini memasukkan self-knowledge dan adaptability yang meningkatkan kemampuan indvidu untuk menerima kepantasan sebuah identitas pada berbagai lingkungan. Tujuan akhir dari ketrampilan ini adalah untuk menambah kemampuan individu pada pengolaan diri sendiri secara efektif. Selanjutnya Hall menyatakan bahwa metaskill ini meliputi kemampuan beradaptasi, toleransi pada ambigiutas dan ketidakpastian, self awareness, dan kemampuan mengidentifikasi perubahan.

Sepanjang karirnya sebagai seorang pemimpin senantiasa tak terduga. Bila ini hanya terjadi sekali atau dua kali, orang bisa menyebutnya sebagai keberuntungan yang kebetulan saja. Tetapi melakukannya berulang-kali membutuhkan keahlian sejati.

Dimana letak rahasianya ? Dengan hati-hati seorang pemimpin diharapkan dengan hati-hati dalam mengasah suatu gaya yang didasarkan pada pembentukan tim yang efektif dalam membuat keputusan-keputusan penting.

Panggilan kepemimpinan sebagai seorang kristen senantiasa tak terduga kata “panggilan” bagi mereka yang tidak menduduki suatu jabatan profesional, sering disebut kuno, tidak praktis atau aneh bahkan oleh orang kristen sendiri.

Mari kita bayangkan sebuah cerita lalu terdengarlah suara dari surga: “Engkaulah Anak yang Kukasihi, kepada-Mu Aku Berkenan” (lebih jauh tentang hal ini, lihat  Markus (1:11) jelas sekali status kepemimpinan dia perlu ditegaskan kembali oleh saya ketika dia mengawali pelayanannya sebagai seorang pemimpin  yang menjadi bukti hidup bahwa strategi berbasis modal religius dan disiplin ini dapat digunakan dalam memimpin Organisasi kedepan.

Seorang pemimpin juga diharapkan dalam menjalankan organisasi diperlukan naluri yang tajam tentang bagaimana Ia akan memegang kendali sebagai eksekutif puncak. Ini adalah naluri yang berpusat pada membangun dan memelihara sebuah tim. Ia bukan dan memang tidak pernah menjadi orang yang berpusat pada dirinya sendiri. Lebih mendekati kebenaran adalah fakta bahwa secara alami seorang pemimpin juga merupakan orang yang suka berarguman dan sangat mudah bergaul dan sanggat mengandalkan kerja tim. Kunci untuk memahami sesorang sebagai seorang pemimpin terletak pada pemahaman bagaimana Ia memimpin dan mengelola tim.

Sebagaimana halnya pada setiap gaya, pendekatan pada manajemen kepemimpinan mengandung sejumlah tatik yang membantu dirinya menjadi sangat efektif-serta sejumlah elemen yang mampu  menunjukkan adanya kelahiran seorang pemimpin yang responsif, akuntabel dan kredibel yang mampu memimpin Organisasi kearah yang lebih baik. Berth Kambuaya membangun gayanya pada kerja tim, namun wawasannya juga sama baiknya dengan visi dari timnya. Ia percaya pada membangun kesuksesan di masa lampau, namun semakin banyak kesuksesan kepemimpinan bertumbuh akan semakin besar godaan yang dihadapi oleh para pemimpin untuk tindak melampaui batas. Kepemimpinan visioner membutuhkan  seorang pemimpin yang sungguh tegas, namun para pemimpin yang terlampaui tegas tekatnya dapat memperlemah diri sendiri dengan bergerak terlampaui jauh melampaui basis pendukung mereka.

Seorang pemimpin dalam memimpin organisasi diharapkan juga memiliki catatan kesuksesan yang mengejutkan sebagai seorang pemimpin. Sementara itu juga diharapkan kepada seorang pemimpin untuk dapat membuat perubahan-perubahan dalam organisasi yang dapat mengejutkan banyak orang dengan membuat sejumlah keputusan yang efektif. Bagaimana pun juga, merupakan hal yang baik untuk melakukan sesuatu dengan benar. Sebagai seorang pemimpin diharapkan untuk secara jernih menghadapi beberapa masalah kebijakan yang paling sulit dengan menyatukan kaum oportunis dalam sebuah generasi. Teka-teki ini sangat menarik bagi setiap pemimpin dalam menjalankan sebuah kekuasaan dalam sejarah Organisasi.


[i] Staff Pengajar Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Uncen Jayapura Papua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: